MOTIVASI HARI INI

VSIcenter.com | Peluang Bisnis VSI | Veritra Sentosa Internasional | Veritra Pay | Habs Pro | Bisnis Ustadz Yusuf Mansur

Senin, 28 Januari 2013

MASJID LUHUR NUR HASAN, MASJID YANG MEGAH NAN INDAH

Masjid Luhur Nur Hasan yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Jombang, berdiri dengan kokoh dan megah. Pembangunannya diilhami Masjidilharam. Masjid adalah rumah ALLAH yang agung selain untuk digunakan sebagai tempat peribadatan juga banyak digunakan sebagai pusat pendidikan agama islam mulai di lingkungan pondok pesantren hingga di tempat lainnya. Banyak masjid yang dibangun dengan indah dan megah, adakalanya masjid dijadikan pusat pendidikan karena sejarah pembangunannya ada juga karena arsitekturnya yang megah nan kokoh. Masjid ini direhab mulai tahun 2000 sampai dengan tahun 2007 dengan swadaya murni, yang menghabiskan dana renovasi sebesar 17 milyar.
Diantara ribuan bahkan jutaan masjid yang ada di Indonesia ada beberapa yang dikategorikan dalam jajaran masjid paling indah di Indonesia yang ditulis didalam buku maupun majalah oleh pihak-pihak terkait. Dalam pemberitaan yang dimuat di salah satu majalah ada hal yang unik yang patut kita banggakan, diantara 100 masjid yang paling indah di Indonesia salah satunya adalah Masjid LUHUR NUR HASAN yang terletak di pondok pesantren Gading Mangu Perak Jombang yang merupakan salah satu pusat pendidikan agama Islam terbesar di Indonesia, yang menekankan pada pengajaran Al Quran & Al Hadist dan pembentukan akhlakul karimah generasi muda. Pondok Pesantren ini beralamat di desa Gading Mangu Perak Jombang Propinsi Jawa Timur. Lokasinya hanya 400 meter masuk ke utara pasar Jeruk Kecamatan Perak Kabupaten Jombang.
Disamping mendidik generasi muda menjadi mubaligh dan mubalighot handal yang menguasai ilmu Quran dan Hadist serta berakhlak mulia, Pondok Pesantren Gading Mangu sekaligus membina para santrinya agar mempunyai intelektualitas tinggi dan berwawasan global. Karena pondok pesantren ini ditunjang dengan sekolah umum tingkat SMP, SMU dan SMK di bawah pengelolaan Yayasan Budi Utomo.
Pondok Pesantren Gading Mangu yang mulai beroperasi tahun 1952 ini memiliki fasilitas antara lain gedung asrama putri, gedung asrama putra, aula, wisma tamu, dapur umum dan pusat kegiatan siswa yaitu Masjid Baitul Antiq yang diresmikan oleh Bupati Jombang H. Soewoto Adiwibowo pada tanggal 7 Januari 1997. Sedangkan gaya arsitektur yang ditampilakan dalam pembangunan Masjid Luhur terinspirasi oleh BAITULLAH yang terletak di Mekah Arab Saudi bahkan sempat mengalami beberapa renovasi dalam pembangunannya karena usia masjid yang cukup lama mulai dari perubahan menara yang berjumlah 4 disetiap sisinya serta hiasan ukiran-ukiran kayu yang berkualitas disetiap pintu masuk bahkan di dalam masjid, serta tempat imam melakukan sholat juga di buat dengan gaya yang cukup indah layaknya masjid di Timur Tengah karena disegala aspek inilah akhinya Masjid luhur NurHasan menjadi salah satu 100 masjid terindah di Indonesia, dan kita sebagai generasi pemuda islam tentunya patut melestarikan dan menjaga masjid-masjid tersebut baik sekarang maupun dimasa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Entri Populer

Komentar


ShoutMix chat widget