MOTIVASI HARI INI

VSIcenter.com | Peluang Bisnis VSI | Veritra Sentosa Internasional | Veritra Pay | Habs Pro | Bisnis Ustadz Yusuf Mansur

Selasa, 15 Februari 2011

Power of Review 10-24-7-30-6

Setelah melakukan proses belajar, segeral lakukan pengulangan materi yang anda pelajari (review). Review pertama dilakukan 10 menit setelah pelajaran berakhir, kemudian 24 jam setelah itu, lalu 30 hari dan terakhir 6 bulan setelah pembelajaran. Jika ini dilakukan dengan konsisten, maka materi belajar akan bertahan selama tahunan bahkan seumur hidup.

REVIEW 10 menit pertama Setelah belajar, jangan langsung pulang/istirahat. Ambillah 1,5-3 menit untuk mereview pelajaran yang telah anda dapatkan. Lihatlah catatan bebas anda, peta konsep. Carilah inti dari materi dan korelasinya secara global. Kemudian tutuplah mata anda dan mengulangnya sambil membayangkan materi tersebut. Lakukan hal ini 3-5 menit. Setelahnya anda bisa pulang/istirahat/break.

REVIEW Kedua 24 Jam Bila tidak dilakukan Review dalam waktu 1 hari setelah belajar, maka materi belajar yang diingat hanya sebesar 54%. Karena itu, maksimal 24 jam setelah pembelajaran, anda harus melakukan pengulangan lagi. Ambil waktu 30-60 menit untuk mereview peta konsep/catatan bebas anda. Perbaiki peta konsep untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan sesuai keinginan anda. Jika anda telah belajar teknik super memori (mneumonik), pakailah hal tersebut sebagai ‘jangkar’ untuk mengaitkan hal-hal yang berhubungan dengan materi yang membutuhkan hapalan/ingatan.

REVIEW Ketiga 7 Hari Bila tidak dilakukan Review dalam waktu 7 hari setelah pertama belajar, maka materi belajar yang diingat hanya sebesar 35%. Karena itu lakukan review lagi. Perbaiki lagi peta konsep/catatan bebas anda.

REVIEW Keempat 30 Hari Paling lambat 30 hari setelah belajar, harus dilakukan review lagi. Hal tersebut diperlukan untuk mempertahankan memori belajar anda. Kemampuan memori dalam mengingat akan turun sebesar 81 dari apa yang anda pelajari bila tidak dilakukan review sama sekali dalam tempo 30 hari.. Yang perlu dilakukan di sini, selain melihat catatan bebas, dan teknik super memori yang sudah anda tautkan pada pelajaran, carilah korelasi antar bagian dari induk materi.

REVIEW Kelima 6 Bulan Agar materi belajar bisa bertahan lama, anda harus lakukan review terakhir, yakni 6 bulan setelah proses belajar. Bila hal tersebut dilakukan, materi akan bertahan hingga tahunan, bahkan bisa bertahan seumur hidup. Simpan perbaikan catatan bebas/peta konsep anda.

http://supersuga.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Entri Populer

Komentar


ShoutMix chat widget