MOTIVASI HARI INI

VSIcenter.com | Peluang Bisnis VSI | Veritra Sentosa Internasional | Veritra Pay | Habs Pro | Bisnis Ustadz Yusuf Mansur

Jumat, 27 Desember 2013

BERINTERNET SEHAT DAN BERIMAN, MANFAAT DAN BAHAYANYA

I n t e r n e t  S e h a t  A m a n  ( I N S A N ) adalah program nasional yang dimotori oleh Tim Sosialisasi INSAN y a n g     d i t u j u k a n     u n t u k menyosialisasikan penggunaan internet secara sehat & aman ke berbagai kalangan sehingga internet dapat memberi manfaat dan nilai tambah.
MANFAAT INTERNET :
Dengan  berbagai  fasilitas  yang  disediakan,  maka  banyak  manfaat-manfaat      yang diperoleh dari internet, diantaranya sebagai berikut.
1. KUMPULAN BERBAGAI INFORMASI
Boleh dibilang bahwa Internet adalah gudangnya Informasi, baik itu informasi asli atau asal-asalan. Informasi dunia maya tidaklah mendapat penyaringan yang berarti, maka dari itu gunakanlah informasi tersebut dengan bijak dan berhati-hati.
2. PERTEMANAN

Adanya facebook, twitter, google plus, blog, dan jejaring sosial lain bisa dipergunakan oleh netter untuk berhubungan lewat internet. Dengan mudahnya, kita bisa membuat akun disana dan berkenalan dengan orang-orang baru, bahkan yang berada di ujung dunia sekalipun.
3. SUMBER BERITA
Banyak sekali situs-situs berita yang diterbitkan lewat internet, contohnya saja CNN, BBC untuk luar negeri atau Detik, Viva, dan lainnya sebagai situs yang menyediakan berita-berita terbaru. Portal berita mereka diupdate dalam hitungan menit dan bisa dibaca dimanapun dan kapanpun. Tidak seperti berita dalam radio atau televisi yang memerlukan jadwal khusus penayangan.
4. PENDIDIKAN.
Dengan internet, kita bisa mendapatkan berbagai referensi beragam dari berbagai sumber dengan biaya yang relatif murah. Juga, fasilitas mesin pencari (Search Engine) seperti Google  dan  Yahoo  bisa  sedikit  mengefisiensikan  waktu  kita  dalam  mencari  sumber referensi.
5. BISNIS
Banyak  sekali  orang-orang  yang  mendapatkan  penghasilan  dari  internet.  Cara  yang dilakukan pun beragam, mulai dari cara yang legal sampai cara yang diharamkan. Untuk cara halal sendiri, biasanya pebisnis online menggunakan Jejaring Sosial atau sebuah website untuk memasarkan apa yang dia tawarkan. Salah satu contoh pebisnis busana muslim  yang  berhasil  adalah  Aprilia Sidik, y a n g  m e n g a w a l i  b i s n i s n y a melalui Facebook yang kemudian sukses menjadi desainer , saat ini melakukan eksibisi bisnis busana muslim di berbagai kota sampai keluar negeri.

6. JUAL BELI.
K a r e n a  b a n y a k n ya  p e b i s n i s  y a n g bermain di dunia maya, maka jangan heran kalau kegiatan jual beli di internet sangatlah besar. Kita bisa dengan mudah mendapatkan baju anak branded (bermerek terkenal) harga murah hanya dengan mengetikkan kata kunci ‘grosir baju anak’ di google. Namun harus diperhatikan bahwa tidak semua penjual di dunia maya benar-benar nyata dan halal. Direkomendasikan agar anda membaca link Tips Agar Tidak Tertipu Dalam Bertransaksi Online juga.

ENAM RESIKO DAN BAHAYA INTERNET
Selain sisi baik, internet juga punya resiko dan bahayanya. Berikut enam resiko dan bahaya internet kalau tidak berhati-hati:
1. Spam, yaitu email sampah yang kerap datang bertubi-tubi tanpa dikehendaki. Isi dari spam  tersebut  bermacam-macam,  dari  menawarkan  produk  /  jasa  hingga  penipuan berkedok kerjasama bisnis, dari tawaran multi-level marketing hingga penyebaran virus.
2. Informasi palsu yang menyesatkan (Hoax), biasanya berkaitan dengan suatu produk, perusahaan, tokoh, atau kepercayaan/agama.
3. Pencurian identitas (phising/pharming). selanjutnya identitas yang dicuri tersebut dapat dipergunakan untuk melakukan pencurian, penipuan, atau perbuatan ilegal lainnya.
4. Kekerasan menggunakan media internet (cyberbullying), seperti pelecehan melalui tulisan, ancaman, tuduhan, dll.  Lebih  parah  lagi  dapat  mengarah  ke  kekerasan  fisik berupa pelecehan seksual terutama ke pengguna internet berusia muda atau anak-anak (paedophilia).
5. Konten illegal, seperti perjudian dan pornografi. Situs-situs yang berisi konten illegal biasanya menjerat pengguna dengan memunculkan iklan yang tidak dikehendaki (pop-up trap).
6. Pelanggaran hak cipta, jika materi yang ditampilkan melalui internet tanpa melalui persetujuan pemiliknya.

Enam Bahaya Social Networking dan Antisipasinya
1. Virus Komputer. Antisipasinya: pasang aplikasi anti malware (perangkat yang merusak), jangan sembarang unduh file, pastikan tidak mengandung malware.
2.  Berita  Bohong.  Antisipasinya:  Tidak  semua  informasi  yang  beredar  di  internet  benar. Lakukan pengecekan ulang, jika menerima e-mail sampah (spam) segera masukkan ke folder spam.
3. Kekerasan & Penculikan. Antispasinya: Jangan mudah percaya pada kenalan online, batasi pemberian informasi yang bersifat pribadi (data keluarga, alamat, status, dll).
4. Penipuan. Antispasinya: Pastikan penjual dan pembeli yang melakukan transaksi dapat dipercaya. Pastikan  situs  tempat  melakukan  transaksi  merupakan  situs  yang  benar, biasanya ditandai dengan awalan https.
5. Penghinaan. Antispasinya: Hati-hati dalam mempublikasikan atau menyatakan pendapat secara online (email, status, komentar), harus sesuai aturan/ norma yang berlaku. Diatur dalam Undang-undang ITE Nomer 11 Tahun 2008, misalkan kasus Prita.
6. Penyebaran Foto / Video Pribadi. Antisipasinya: Pastikan foto / video yang dipasang tidak akan  merugikan  diri  sendiri  atau  orang  lain,  jika  menggunakan  video  call,  pastikan penampilan sopan karena bisa jadi direkam oleh pihak lain.

LIMA HAL UNTUK  ORANG TUA  MEMBANTU  REMAJA  MENGGUNAKAN INTERNET SEHAT DAN AMAN
1. Sedapat mungkin letakkan komputer di ruang tengah yang dapat terpantau.
2. Internet  dapat  juga  diakses  menggunakan  ponsel  tertentu,  maka  usahakan  dapat mengecek penggunaan internet melalui ponsel anak anda.
3. Pasang dan aktifkan aplikasi pencegah konten yang tidak dikehendaki (anti virus, anti malware, anti spyware, anti spam, anti adware, dll) di komputer.
4. Pasang dan aktifkan aplikasi parental control di komputer. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan dapat membatasi serta mengawasi penggunaan internet oleh anak Anda.

 
5.  Buat  aturan  penggunaan  internet  untuk  anak  Anda  dan  lakukan  komunikasi berkelanjutan dengan baik.
LIMA AKSIOMA INTERNET SEHAT DAN AMAN
SEHAT
1. Jika sibuk dengan KETAGIHAN mengakses konten yang POSITIF, maka dengan sendirinya akan  melupakan  atau  terhindar  dari  godaan  mengakses  konten NEGATIF karena tidak ada waktu.
2.  “YOU ARE what YOU BROWSE”- dalam arti kata bahwa yang akan mewarnai POSITIF atau NEGATIF nya sebuah teknologi adalah perilaku PEMAKAIANYA
3.  Jarang  ditemukan  orang  yang  SUKSES  dan  BAHAGIA  hidupnya  dari  hasil eksploitasi hal-hal yang berbau NEGATIF di internet
4. Terdapat begitu banyak POTENSI internet yang perlu dieksplorasi dan dieksploitasi melalui jam terbang agar memberikan NILAI TAMBAH bagi penggunanya, seperti dalam peribahasa “TAK KENAL MAKA TAK SAYANG” dan “ALAH BISA KARENA BIASA”
5. Besaran MANFAAT yang diperoleh dalam menghabiskan waktu mengakses hal yang POSITIF dan NEGATIF seperti layaknya melakukan usaha untuk bisnis yang berusaha memaksimalkan KEUNTUNGAN (profit) dengan cara memperbesar PENDAPATAN dan memperkecil PENGELUARAN.
AMAN
1. Apapun suasana dan kondisinya, anggap saja TIDAK ADA YANGA AMAN di dunia cyber, sehingga harus selalu bersikap hati-hati.
2. Yang berinteraksi di dunia cyber adalah MANUSIA BIASA , sehingga prinsip-prinsip yang berlaku di DUNIA NYATA seyogyanya dipergunakan dalam internet
3. “YOUR SECURITY IS MY SECURITY”, dalam arti kata bahwa MENGAMANKAN adalah tugas dari MASING-MASING individu tanpa terkecuali, ingat pepatah  yang mengatakan  bahwa  “KEKUATAN  sebuah  rantai  tergantung  dari  mata  rantai TERLEMAH”
4. RESIKO  tidak  bisa  dihilangkan ,  hanya  dapat  di MINIMALKAN  dengan  cara mengorbankan KENYAMANAN demi KEAMANAN.
5. Titik kelemahan terbesar ada pada aspek MANUSIA, yang dapat dengan mudah dimanipulasi dengan teknik “SOCIAL ENGINEERING”.


Tidak ada komentar:

Entri Populer

Komentar


ShoutMix chat widget