MOTIVASI HARI INI

VSIcenter.com | Peluang Bisnis VSI | Veritra Sentosa Internasional | Veritra Pay | Habs Pro | Bisnis Ustadz Yusuf Mansur

Selasa, 18 Mei 2010

PENTINGNYA GOAL SETTING UNTUK SUKSES BELAJAR

Seberapa penting menyusun Goal Setting untuk keberhasilan Belajar? Baik ORang Dewasa maupun Anak anak? Coba simak Fakta berikut:
PERTANYAAN PENTING:
1. Sudahkah Ananda mempunyai TARGET yang JELAS dan TERTULIS?
2. BERANI atau TIDAK untuk MEMPUNYAI TARGET yang HEBAT?!
3. Sudah BISAKAH Ananda MENGATUR WAKTU yang EFFESIEN?



FAKTA PENTING:
1. Hampir BISA diPASTIKAN hanya sedikit Siswa yang MEMPUNYAI TARGET dan BERMENTAL SUKSES!
2. Orang yang mempunyai GOAL yang JELAS dan TERTULIS hampir BISA diPASTIKAN mencapai KEBERHASILAN!
3. GOAL harus DIBARENGI dengan PERENCANAAN dan PENJADUALAN yang EFFEKTIF
4. Ingat “Just Do It Consistency!” “Segera Kerjakan dengan Konsisten!” itulah CARA yang MENDEKATKAN kepada KEBERHASILAN!

Banyak murid menganggap bahwa langkah pertama belajar seharusnya membaca catatan atau buku teks. Tetapi ternyata sebelum itu, hal pertama yang harus di lakukan adalah menetapkan tujuan yang sangat jelas tentang hasil yang diinginkan untuk mata pelajaran yang sedang di pelajari. Berapa banyak nilai ‘A’ yang sedang dikejar?. Tidak hanya dalam belajar tapi seluruh kegiatan kita.

Hal ini sangat penting karena tujuan yang ditetapkan akan menentukan bagaimana cara belajar dan juga hasil Kamu! Jika menetapkan tujuan agar mendapat nilai 100 untuk matematika, apakah Kamu akan belajar dengan sangat berbeda dibanding menetapkan tujuan mendapat nilai 60? Tentu saja! Ketika mengejar nilai 100, otak tahu bahwa ia tidak boleh membuat satupun kesalahan. Peluangnya, ini akan membuat anda mempelajari setiap materi yang relevan dalam silabus! Sebagai hasilnya, Anda mungkin mendapatkan nilai 100 atau jika tidak 90 atau lebih!

Namun demikian, jika menetapkan tujuan mendapatkan nilai 60, maka otak akan tahu bahwa ia boleh kehilangan 40 nilai. Peluangnya, anda tidak akan peduli melompati bab yang tidak Anda mengerti atau sukai! Sesungguhnya, anda tidak megetahui 40% informasi. Hasilnya akan mendapatkan nilai 60, biasa bergeser menjadi 50 atau bahkan gagal!

Yang bahkan lebih buruk adalah ketika tidak menetapkan tujuan, otak otomatis menghuni pada nilai paling jelek yang biasa di dapatkan (yaitu 50). Itu namanya bunuh diri!

So.... PASTIKAN KITA atau ANAK kita TELAH MENYUSUN GOAL-nya....!
Oleh: Master Coach Mind Mapping, Susanto Edy P., BLI
Sumber http://mindmapclubindonesia.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Entri Populer

Komentar


ShoutMix chat widget