MOTIVASI HARI INI

VSIcenter.com | Peluang Bisnis VSI | Veritra Sentosa Internasional | Veritra Pay | Habs Pro | Bisnis Ustadz Yusuf Mansur

Jumat, 07 Januari 2011

STRATEGI SUKSES UN SMA BUDI UTOMO 2011

Tidak terasa waktu menjelang Ujian Akhir Nasional semakin dekat, demikian juga derap dalam menghadapinya. SMA Budi Utomo sebagai sebuah institusi pendidikan menengah yang diharapkan dapat mencetak lulusan yang siap untuk masuk di perguruan tinggi, tentunya sangat berkepentingan untuk dapat mensukseskan siswa-siswinya dalam menghadapi Ujian Nasional ini. Beberapa langkah dan kiat dicobakan kepada peserta didik untuk mencapai kelulusan 100% serta rata-rata nilai sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Langkah-langkah yang sudah dan akan terus diupayakan untuk dilaksanakan adalah :

1. Penambahan Jam Mata Pelajaran Ujian Nasional / Program Intensif Terpadu ( Pinter)

a. Kegiatan ini diberikan kepada siswa sebelum sekolah dimulai, yaitu jam 06.00 s/d jam 06.45 dan jam 16.00 s.d. 17.30 dengan materi utama bedah SKL dengan membahas soal-soal Ujian Nasional yang telah dilaksanakan sebelumnya.

b. Kegiatan diikuti oleh semua siswa kelas XII

c. Kegiatan Bedah Materi dan SKL UN 2011.

d. Kegiatan dibimbing oleh guru mata pelajaran Ujian Nasional Kelas X,XI dan XII.

2. Try Out UN

a. Seperti layaknya pada sebuah TC (Training Center) di bidang Olah raga, maka siswa SMA Budi Utomo harus juga dibiasakan untuk melaksanakan kegiatan simulasi UN 2011 yang dinyatakan dalam bentuk Try Out UN, dengan tujuan membiasakan siswa dalam menghadapi dan menjawab soal-soal Ujian Nasional atau Pemusatan Latihan Ujian Nasional ( PeLatNas)

b. Akan dilaksanakan 5 kali try out dengan rincian 2 kali try out bersama se Kabupaten Jombang yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Jombang dan tiga kali try out mandiri yang dilaksanakan oleh sekolah.

c. Hasil try out di analisa dan diberikan kepada siswa sebagai umpan balik bagi penanganan siswa selanjutnya.

d. Siswa disarankan untuk menerapkan manajemen waktu dalam menghadapi UN, yang teraktualisasi dalam pelaksanaan try out.

3. Clinical Services

  1. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penguatan kompetensi bagi siswa yang dianggap memiliki masalah dalam penguasaan kompetensi yang akan diujikan dalam Ujian Nasional (SKL) dengan memberikan layanan khusus.
  2. Layanan khusus didasarkan berdasarkan hasil try out dengan mengambil 10 orang siswa dengan nilai terburuk di kelasnya dan dimasukkan dalam katagori siswa dibina khusus
  3. Guru Mata Pelajaran Ujian Nasional dapat memberikan daftar tambahan peserta Clinical Services jika dianggap perlu.
  4. Siswa dapat memilih guru yang dipercaya untuk mendampingi dalam menguasai SKL yang dirasa belum tuntas.
  5. Kegiatan dilaksanakan pada siang hari setelah pulang sekolah di luar hari jam tambahan pelajaran.
  6. Materi lebih ditekankan pada penguasaan dasar-dasar kompetensi serta trik pengerjaan soal.

4. Pembangkitan Motivasi/ Motivational Training, terdapat beberapa kegiatan pembangkitan motivasi yang coba untuk dilaksanakan dengan harapan memberikan kesiapan mental bagi siswa diantaranya adalah :

1. Penyelenggaraan Super Camp For Excellent dengan metode indoor dan outdoor ( outbound) pelaksanaannya bekerja sama dengan OMT Budi Utomo, dilaksanakan pada Bulan Nopember 2010.

2. National Exam Disclossing Motivationbekerja sama dengan OMT Budi Utomo, diselenggarakan bulan Februari 2011

3. Penyampaian Tip dan Kiat Sukses Ujian Nasional dan Menembus SNMPTN

4. Peningkatan perhatian proses belajar siswa di rumah, pada kegiatan ini Wali Kelas XII diharapkan berkomunikasi lebih intens kepada siswa, orang tua siswa / wali dengan melakukan pengecekan kegiatan belajar di rumah melalui sambungan telephon (SMS dan Call)

5. SQL, tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu kekuatan dalam mencapai tujuan adalah kepasrahan kepada Tuhan Yang Maha Esa, proses penyadaran atas kekuatan yang dapat “membantu” mencapai kesuksesan adalah kemampuan untuk berserah diri kepada-Nya.

5. Penentuan Target Siswa

1. Kegiatan ini adalah untuk membimbing siswa dalam menentukan target hasil Ujian Nasional Siswa dengan melalui analisa terhadap kekuatan dan kemungkinan yang ada dari masing-masing siswa, dari targetan siswa ini kemudian dihimpun target mata pelajaran yang pada akhirnya melahirkan target nilai untuk sekolah.

2. Target total untuk sekolah adalah peningkatan nilai rata-rata UN 0,2 point dari rata-rata nilai UN tahun 2010. Sebagai catatan bahwa untuk kabupaten Jombang mentargetkan kenaikan sebanyak 0,15 point untuk UN tahun 2011 ini.

6. Sosialisasi UN kepada Stake Holder.

1. Peran Orang Tua dalam keberhasilan siswa sangat besar, untuk itu dalam persiapan Ujian Nasional 2011, SMA Budi Utomo, mengundang Orang Tua siswa / wali, tuan rumah kost,Pembina pondok Pesantren, untuk bersama sama membedah Formula UN Tahun 2011

2. Melakukan Doa bersama untuk susksesnya Ujian Nasional.

Pemantauan Belajar , Program Pinter, PeLatNas ( Try Out ) oleh Orang Tua,

Tidak ada komentar:

Entri Populer

Komentar


ShoutMix chat widget